https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY–TWO STRAY BERBANTU ASESSMENT PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA | Sulastri | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY–TWO STRAY BERBANTU ASESSMENT PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Sulastri Sulastri

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan prestasi belajar melalui model pembelajaran Two Stay – Two Stray berbantu asessment portofolio pada siswa kelas VII B SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 35 Purworejo yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, lembar observasi dan tes prestasi belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay – Two Stray berbantu asessment portofolio dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 35 Purworejo. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan baik dari lembar observasi maupun angket motivasi belajar. Dari lembar observasi pada siklus I 55,56% siswa dengan kategori baik meningkat menjadi 79,63% siswa dengan kategori baik pada siklus II, angket motivasi belajar juga menunjukkan hasil yang meningkat dari 59,26% siswa dengan kategori baik meningkat menjadi 81,48% siswa dengan kategori baik pada siklus II.  Sejalan dengan itu prestasi belajar siswa yaitu dari pratindakan sebesar 51,85% siswa mencapai  KKM, meningkat menjadi 59,26% siswa mencapai KKM pada siklus I dan meningkat menjadi 88,89%siswa mencapai KKM pada siklus II.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i1.4199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.